SDN PANDULANGAN

SDN PANDULANGAN
PAPAN INFORMASI

STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH SDN PANDULANGAN

Unknown | 11:39:00 PM | 0 komentar
ADAPUN STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH SAAT INI SEBAGAI BERIKUT

TAHUN 2016/2017
KEPALA SEKOLAH
Hj.Usmawati,S.Pd
          GURU KELAS 1                                                                                         GURU KELAS 2
         SURIATI,S.Pd                                                                                     SUGENG WIJAYA,S.Pd.i


           GURU KELAS 3                                                                                         GURU KELAS 4
  Hj.NETTA HERLINDA,S.Pd.SD                                                                       BAHRUNI,S.Pd.SD
   



         GURU KELAS 5                                                                                           GURU KELAS 6
         ATIKAH,S.Pd.SD                                                                                     NOVIA ARIEF,S.Pd



GURU OLAHRAGA
HERMAN FAUZI,A.Ma.Pendor

GURU BSB
SRI HELDA,S.Pd.SD

GURU PENGEMBANGAN DIRI
NOR ISPANDI,S.Pd.i

PSD SEKOLAH
ZAINAL

ADAPUN UNTUK TENAGA ADMINISTRASI
SUGENG WIJAYA,S.Pd.i

KEPALA PERPUTAKAAN
SRI HELDA,S.Pd.SD

KOMITE SEKOLAH
ABDURRAHMAN

Denah SDN Pandulangan

Unknown | 11:26:00 PM | 0 komentar

SDN PANDULANGAN MEMILIKI LUAS TANAH SELUAS 1456 M°
Adapun Ukuran setiap Ruang sebagai Rincian berikut ini :

RUANG KELAS 1 = 7x8 M / 56

RUANG KELAS 2 = 7x8 M / 56

RUANG KELAS 3 = 7x8 M / 56

RUANG KELAS 4 = 7x8 M / 56

RUANG KELAS 5 = 7x8 M / 56

RUANG KELAS 6 = 7x8 M / 56

Ruang Perpustakan = 7x7 M/49

Ruang Guru = 7x8 M/56

Untuk Dapur/Wc/Parkir = 6x6 M/56

Untuk Titian 1,6 x 160M = 288

Letak dan Posisi SDN PANDULANGAN BERADA AGAK JAUH DARI PINGGIR JALAN RAYA/UMUM, DIANTARA PEPOHONAN DAN SAWAH WARGA, WALAUPUN DEMIKIAN NAMUN AKSES JALAN MASIH BISA MENDUKUNG UNTUK KESEKOLAH, WALAUPUN TERKADANG SERING BANJIR, KARENA SERINGNYA BANJIR MAKA LAPANGAN OLAHRAGA UNTUK ANAK BERMAIN / BEROLAHRAGA SERING TIDAK BISA DIGUNAKAN.

LINGKUNGAN SEKOLAH

Unknown | 6:07:00 PM | 0 komentar





Pengertian Lingkungan Sekolah Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar dalam Lingkungan Sekolah

Pengertian Lingkungan Sekolah - Lingkungan diartikan sebagai kesatuan ruang suatu benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya (Munib, 2005:76).



Pengertian Sekolah adalah wahana kegiatan dan proses pendidikan berlangsung. Di sekolah diadakan kegiatan pendidikan, pembelajaran dan latihan (Tu’u, 2004:18). Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu megembangkan potensinya baik yang menyangkut aspek moral, spiritual, intelektual, emosional maupun sosial (Syamsu Yusuf, 2001:54).

Sedangkan lingkungan pendidikan adalah berbagai faktor yang berpengaruh terhadap pendidikan atau berbagai lingkungan tempat berlangsungan proses pendidikan. Jadi lingkungan sekolah adalah kesatuan ruang dalam lembaga pendidikan formal yang memberikan pengaruh pembentukan  sikap dan pengembangan potensi siswa.


Faktor-faktor dalam lingkungan sekolah
Menurut Slameto (2003:64) faktor-faktor sekolah yang mempengaruhi belajar mencakup :

a.    Metode mengajar
Metode mengajar adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui didalam mengajar. Metode mengajar dapat mempengaruhi belajar siswa. Metode mengajar guru yang kurang baik akan mempengaruhi belajar siswa yang tidak baik pula. Agar siswa dapat belajar dengan baik,maka metode mengajar harus diusahakan yang setepat, efisien dan efektif mungkin.

b.    Kurikulum
Kurikulum diartikan sebagai sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa. Kegiatan itu sebagian besar adalah menyajikan bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu. Kurikulum yang kurang baik akan berpengaruh tidak baik pula terhadap belajar.

c.    Relasi guru dengan siswa
Proses belajar mengajar terjadi antara guru dengan siswa. Proses ini dipengaruhi oleh relasi didalam proses tersebut. Relasi guru dengan siswa baik,  membuat siswa akan menyukai gurunya, juga akan menyukai mata pelajaran yang diberikannya sehingga siswa berusaha mempelajari sebaik-baiknya.Guru yang kurang berinteraksi dengan siswa dengan baik menyebabkan proses belajar-mengajar itu kurang lancar.

d.    Relasi siswa dengan siswa
Siswa yang mempunyai sifat kurang menyenangkan, rendah diri atau mengalami tekanan batin akan diasingkan dalam kelompoknya. Jika hal ini semakin parah, akan berakibat terganggunya belajar. Siswa tersebut akan malas untuk sekolah dengan berbagai macam alasan yang tidak-tidak. Jika terjadi demikian, siswa tersebut memerlukan bimbingan dan penyuluhan. Menciptakan relasi yang baik antar siswa akan memberikan pengaruh positif terhadap belajar siswa.

e.    Disiplin sekolah
Kedisiplinan sekolah erat kaitannya dengan kerajinan siswa dalam sekolah dan belajar.Kedisiplinan sekolah mencakup kedisiplinan guru dalam mengajar, pegawai sekolah dalam bekerja, kepala sekolah dalam mengelola sekolah, dan BP dalam memberikan layanan.
Seluruh staf sekolah yang mengikuti tata tertib dan bekerja dengan disiplin membuat siswa disiplin pula. Dalam proses belajar, disiplin sangat dibutuhkan untuk mengembangkan motivasi yang kuat. Agar siswa belajar lebih maju, maka harus disiplin di dalam belajar baik di sekolah, di rumah dan lain-lain.
Pengertian Lingkungan Sekolah


f.    Alat pelajaran
Alat pelajaran erat hubungannya dengan cara belajar siswa karena alat pelajaran tersebut dipakai siswa untuk menerima bahan pelajaran dan dipakai guru waktu mengajar. Alat pelajaran yang lengkap dan tepat akan mempercepat penerimaan bahan pelajaran. Jika siswa mudah menerima pelajaran dan menguasainya, belajar akan lebih giat dan lebih maju. Mengusahakan alat pelajaran yang baik dan lengkap sangat dibutuhkan guna memperlancar kegiatan  belajar-mengajar.

g.    Waktu sekolah
Waktu sekolah adalah waktu terjadinya proses belajar mengajar disekolah. Waktu sekolah akan mempengaruhi belajar siswa. Memilih waktu sekolah yang tepat akan memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar. Sekolah dipagi hari adalah adalah waktu yang paling tepat dimana pada saat itu pikiran masih segar dan kondisi jasmani masih baik.

Dari uraian di atas, indikator-indikator dalam lingkungan sekolah adalah :
  • disiplin sekolah
  • relasi guru dengan siswa 
  • relasi siswa dengan siswa
  • fasilitas sekolah

Berita Nasional

SEPUTAR SEPAKBOLA

INFORMASI PNS

Berita Borneo

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
Support : Creating Website | Sugeng Wijaya Template | Kepengen Belajar
Copyright © 2011. SDN PANDULANGAN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger