SDN PANDULANGAN

SDN PANDULANGAN
PAPAN INFORMASI

APLIKASI DAPODIK PAUD

Unknown | 8:51:00 PM | 0 komentar


Memasuki tahun pelajaran 2016/2017, tim dapodik pusat pada hari ini (Sabtu, 13 Agustus 2016) telah merilis Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00

Operator Paud wajib mendownload dan menginstall Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00 untuk melakukan update data semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
Adapun sebelum melakukan update data, hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. UNINSTALL dulu Aplikasi Dapodik Paud versi 2.03 yang masih terinstall di laptop melalui CONTROL PANEL 
  2. Hapus SEMUA FILE DATABASE PREFILL LAMA yang masih tersimpan di laptop untuk menghindari SALAH GENERATE ketika melakukan REGISTRASI pada Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00
  3. Restart Laptop/PC.
Cara Install Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00 :
  1. Download Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00
  2. Pastikan besar file .exe Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00 adalah 52MB
  3. Jalankan Installer Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00 dengan cara Klik Kanan Run As Administrator sampai FINISH (jangan hentikan jika belum selesai)
Penunjang pendataan Dapodik Paud dapat diunduh melalui link di bawah ini :
  1. Aplikasi Dapodik Paud versi 3.00
  2. Download Database Prefill 
  3. Petunjuk Teknis Dapodik Paud
  4. Instrumen Pendataan Dapodik Paud

Syincrone Data pada Aplikasi Dapodik versi 2017

Unknown | 8:50:00 PM | 0 komentar


Aplikasi dapodik versi 2017 telah dirilis oleh admin dapodik pusat pada tanggal 31 Januari 2017, tentu kita sebagai Ops harus segera melakukan update data semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Tulisan ini untuk mengingatkan teman-teman, data apa saja yang harus diupdate dalam aplikasi versi 2017.

1. DATA SEKOLAH
Lengkapi di tab Data Periodik (2016/2017 genap) dan Sanitasi (2016/2017 genap) setelah dilengkapi klik simpan.

2, DATA SARPRAS
Pada kolom sarpras silahkan klik Salin Data Periodik yang bertujuan menyalin semua Data Periodik semester sebelumnya (semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017). 
Yang meliputi :
Data Periodik Prasarana (Kondisi)
Data Periodik Sarana
Data Periodik Buku & Alat

3. DATA PESERTA DIDIK
Pada kolom peserta didik silahkan juga diklik Salin Data Periodik yang bertujuan menyalin semua data periodik peserta didik semester sebelumnya (semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017). 
Pastikan Jumlah Peserta Didik yang tertera di bawah sama dengan data yang disalin, 
Apabila ada siswa pindahan dari sekolah lain, silahkan ditambahkan. Dan apabila ada siswa mutasi, silahkan dimutasikan.

4. DATA GTK
Pada aplikasi dapodik versi 2017, kolom Guru dan kolom Tenaga Pendidikan (Tendik) dipisah. Silahkan centang keaktifan setiap bulan pada masing-masing guru dan tenaga kependidikan. Serta lakukan update data apabila ada data yang mau dirubah.

5. DATA ROMBONGAN BELAJAR
Setelah install aplikasi dapodik versi 2017, pada kolom rombel pasti akan kosong kembali, itu artinya kita disuruh mengisi lagi. Akan tetapi ada fasilitas cepat untuk melanjutkan rombel yang sudah diisi pada semester sebelumnya, yaitu dengan fasilitas Menu Aksi, lalu Klik dan Pilih Lanjutkan Semester, akan muncul dialog Box dan silahkan pilih kelasnya lalu klik Simpan. Lakukan sampai semua rombel masuk.

6. DATA PEMBELAJARAN
Silahkan lengkapi kolom Pembelajaran sesuai kurikulum dan surat pembagian tugas mengajar yang sudah ditetapkan. Hati-hati, dalam memilih nama mata pelajaran harus sesuai dengan bidang sertifikasinya dan jumlah JJMnya, karena akan berdampak pada keterangan invalid di web Info GTK.

Semoga tulisan ini dapat membantu.

Baca juga : Download dan Panduan Install Aplikasi Dapodik versi 2017

Peserta Didik Berganda Tahun Ajaran 2016/2017

Unknown | 8:48:00 PM | 0 komentar

Dapodik telah digunakan sebagai sumber data program-program utama di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya adalah program BOS. Guna menghasilkan data yang lengkap, benar, mutakhir dan akurat perlu dilakukan validasi data secara berkala.
Berdasarkan hasil validasi data tanggal 19 September 2016, sistem mendeteksi kuat adanya peserta didik berganda. Definisi dari peserta didik berganda adalah peserta didik yang diidentifikasi sama namun terdaftar lebih dari satu sekolah. Identifikasi tersebut dilihat dari kesamaan ID peserta didik, nama, tanggal lahir, nama ibu kandung, nama ayah, dan NISN. Data ini dinilai tidak valid karena tidak mungkin pada waktu yang sama peserta didik terdaftar aktif pada lebih dari satu sekolah.
Hasil kesepakatan bersama Tim BOS, perlakuan terhadap data peserta didik berganda adalah sebagai berikut:
  • Sistem menghapus salah satu peserta didik dari anggota rombel. Perlakuan ini diterapkan pada peserta didik berganda yang terdaftar di sekolah yang sama.
  • Sistem meregistrasikan keluar kedua data peserta didik sebagai peserta didik tidak aktif. Perlakuan ini diterapkan pada data peserta didik berganda yang terdaftar lebih dari satu sekolah.
Penyebab adanya data peserta didik berganda diidentifikasi karena perilaku penggunaan Aplikasi Dapodik diluar prosedur yang benar, diantaranya adalah :
  • Peserta didik mutasi/lulus sudah diinput/ditarik di sekolah yang baru, namun di sekolah yang lama belum diregistrasikan keluar sebagai peserta didik mutasi/lulus.
  • Registrasi aplikasi Dapodik menggunakan data prefill yang lama (tidak mengunduh kembali dari aplikasi generate prefill
  • Installasi Aplikasi Dapodik dan input data sekolah yang sama pada beberapa komputer yang berbeda.
Sekolah yang termasuk dalam  daftar validasi peserta didik berganda diharapkan segera melakukan langkah-langkah berikut ini :
1.  Lakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik atau registrasi ulang Aplikasi Dapodik jika diperlukan.
2.  Periksa kebenaran data peserta didik (jumlah peserta didik dan anggota rombel)
3.  Identifikasi data peserta didik yang ditandai tidak aktif.
4.  Jika peserta didik benar terdaftar dan aktif di sekolah pastikan data peserta didik dikembalikan dari menu PD Keluar dengan menggunakan tombol Batalkan.

5.  Sekolah dilarang mengaktifkan data peserta didik yang sudah mutasi/lulus/keluar dikarenakan akan masuk kembali kedalam data peserta didik berganda. Jika diperlukan lakukan konfirmasi kepada sekolah yang bersangkutan karena hal ini dapat merugikan sekolah dimana peserta didik tersebut aktif terdaftar.
6. Lakukan sinkronisasi untuk mengirim perbaikan data.

Kepala sekolah yang yang teridentifikasi terdapat peserta didik berganda akan mendapatkan pesan singkat (SMS) dengan masking DIKDASMEN sebagai pemberitahuan resmi dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jika nomor handphone kepala sekolah tidak ditemukan maka akan diteruskan kepada operator sekolah. Bagi sekolah yang tidak mendapatkan pesan tersebut berarti data nomor handphone kepala sekolah dan operator yang terdata di Dapodik tidak valid atau tidak diisi. Informasi ini disampaikan pula kepada KKDATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui email.
Mari pastikan data peserta didik di Aplikasi Dapodik sudah lengkap, benar, mutakhir dan akurat. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.

LINK UNDUHAN

TARIK ONLINE PTK

Unknown | 8:46:00 PM | 0 komentar

Aplikasi Dapodik versi 2016 memiliki perbedaan dibanding versi sebelumnya, salah satunya adalah fitur menambahkan PTK Mutasi / PTK Mengampu harus secara online. Fitur ini dibuat untuk memudahkan OPS ketika ada mutasi PTK, karena OPs tidak perlu menginput data + riwayat PTK baru tersebut secara manual. Akan tetapi karena fitur ini baru, sejak dirilis banyak pertanyaan dari teman-teman OPs tentang bagaimana cara menambahkan PTK Mutasi / PTK Mengampu secara online. 

Oke, langsung saja kita bahas bagaimana cara menambahkan PTK Mutasi / PTK Mengampu secara online atau kita sebut dengan Tarik PTK Online

2. Login menggunakan USERNAME dan PASSWORD dapodik 

3. Klik Tarik PTK
4. Lengkapi Sekolah asal PTK (Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Nama Sekolah)
5. Ketik NUPTK atau Nama PTK yang akan di mutasikan lalu klik Cari
6. Klik tanda Panah Biru untuk melanjutkan proses MUTASI
7. Selanjutnya, klik KONFIRMASI PROSES MUTASI

8. Setelah diproses pusat (1x24 jam), di Aplikasi Dapodik lakukan SINKRONISASI DATA agar data PTK tersebut turun ke aplikasi.

9. Apabila sudah SINKRONISASI DATA, data PTK tersebut belum tampak dalam Aplikasi Dapodik, silahkan klik menu SALIN PENUGASAN.

10. Lengkapi di bagian PenugasanTugas Tambahan (Jika ada), dan Pembelejaran untuk PTK Mutasi / PTK Mengampu tersebut.

11. Jika PTK tersebut statusnya "MENGAMPU", maka di Penugasan Status Induknya dicentang TIDAK

Untuk mekanisme penambahan PTK baru yang benar-benar baru bekerja (datanya belum pernah ada dalam database dapodik) harus melalui admin KK Datadik Dinas Pendidikan Kab./Kota. Untuk berkas dan persyaratannya apa saja, silahkan dikonsultasikan dulu.

Semoga tulisan ini jelas dan membantu.

JAM MENGAJAR DAPDOIK DI GEMBOK

Unknown | 8:45:00 PM | 0 komentar


Untuk mengetahui JJM PTK sudah dikunci atau belum di Info GTK caranya sebagai berikut :
  1. Buka alamat Info GTK
  2. Login 
  3. Klik Rincian Rombel
  4. Klik Tanda Panah ke Bawah
Apabila ada gambar gembok merah itu artinya JJM PTK sudah dikunci oleh pusat karena sudah terbit SKTP. Sehingga JJM PTK tersebut tidak bisa diganti atau diisikan oleh PTK lain dalam mapel yang sama.

Ada beberapa kasus, OPs salah memasukkan nama PTK pada rombel-pembelajaran. Dampaknya, ada salah satu PTK jamnya berlebihan (lebih dari 24 jam - sudah SKTP) dan 1 PTK lain jamnya kurang. Sehingga, PTK yang jamnya kurang tidak bisa terbit SKTP karena belum memenuhi 24 jam.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah mengajukan pembukaan kunci ke Ditjen GTK Kemdikbud, dengan melampirkan :

  1. Surat Pernyataan Bermaterai Rp. 6000,- menyatakan bahwa operator sekolah salah menginput data JJM di aplikasi dapodik. Surat Pernyataan tersebut di tandatangani Kepala Sekolah.
  2. Membuat kronologis permasalahan tersebut secara lengkap dan jelas. (PTK atas nama siapa mengunci siapa, dll)
  3. SK Pembagian Tugas Mengajar / Jadwal yang berlaku
  4. Printout Info GTK kedua PTK (yang dikunci dan yang jamnya kurang)
  5. Berkas dikirim ke Operator SimTun Dinas Pendidikan

 

CEK DAPODIK 2017

Unknown | 8:44:00 PM | 0 komentar


Portal Cek Info GTK yang sekarang namanya berubah menjadi Portal Cek Info Guru mempunyai peran penting bagi masing-masing individu yang berprofesi sebagai guru untuk melakukan cek kevalidan data yang telah diinput di aplikasi dapodik.

Portal Cek Info Guru sudah bisa diakses untuk melakukan kroscek data guru pada periode semester 2 (genap) Tahun Pelajaran 2016/2017.

Valid dan tidaknya data yang tampil di Portal Cek Info Guru sebagai syarat terbit atau tidaknya SKTP. Maka dari itu, setiap individu guru wajib melakukan cek datanya masing-masing pada portal tersebut. Apabila ada data yang masih salah atau belum sesuai, silahkan dicek, dikomunikasikan dengan baik dengan operator sekolah dan dibetulkan di aplikasi dapodik sekolah masing-masing.

Portal Cek Info Guru berlaku untuk guru pada semua jenjang mulai dari PAUD, Dikdas sampai dengan Dikmen.

Portal Cek Info Guru dapat di akses melalui beberapa link di bawah :

BERIKUT BEBERAPA PEMBAHARUAN APLIKASI DAPAODIK 2017

Unknown | 8:42:00 PM | 0 komentar

Setelah dilakukan proses pengujian oleh Tim Dapodikdasmen sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan terhadap Aplikasi Dapodik versi baru yaitu Versi 2017,akhirnya pada tanggal 30 Januari 2017 aplikasi Dapodik 2017 resmi dirilis.
Sebagaimana NUPTK.net kutip dari laman dapo dikdasmen, terdapat beberapa pembenahan yang cukup siginifikan dengan penambahan beberapa fitur baru, metode validasi, serta perbaikan beberapa bug dapodik versi 2016.c.
Pembenahan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam melakukan sinkronisasi aturan/regulasi, prosedur, dan mekanisme pemanfaatan data dari Dapodik untuk transaksional di Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, transaksi BOS, PIP dan lainnya.
Berikut daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2017:
  • [Pembaruan] Penambahan atribut Terima fisik kartu (KIP) pada entitas Peserta Didik
  • [Pembaruan] Penambahan fitur peran Peserta Didik dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
  • [Pembaruan] Penambahan fitur peran GTK dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
  • [Pembaruan] Penambahan kolom baru Sekolah Asal pada registrasi peserta didik
  • [Pembaruan] Penambahan JJM yang diakui pada tugas tambahan Pembina Pramuka sebanyak 2 jam
  • [Pembaruan] Penambahan aturan validasi untuk memperketat kewajaran dan kelengkapan data pada GTK
  • [Pembaruan] Penambahan persetujuan oleh Kepala Sekolah pada saat akan melakukan sinkronisasi
  • [Pembaruan] Penambahan fitur salin sarana dan buku/alat hanya untuk Prasarana yang telah hapus buku
  • [Pembaruan] Penambahan pemicu/trigger untuk mengecek Rwy.Sertifikasi dan Rwy.Pendidikan Formal pada saat penambahan Kompetensi pada Rincian GTK
  • [Pembaruan] Penambahan unduhan profil detail khusus untuk SMK
  • [Pembaruan] Penambahan Menu baru Validasi Pusat yang berguna untuk merangkum semua data yang dianggap bermasalah oleh Pusat
  • [Pembaruan] Pemisahan antara Guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik)
  • [Pembaruan] Penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse pada kolom pilihan mata pelajaran di pembelajaran
  • [Pembaruan] Penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse pada kolom pilihan kurikulum di rombongan belajar
  • [Pembaruan] Pengaktifan atribut data Peserta Didik berupa NISN/Nama/Tanggal Lahir/Nama Ibu Kandung pada entitas data Peserta Didik jika status validasi pada VervalPD(PDSPK) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
  • [Pembaruan] Pengaktifan atribut data GTK berupa NUPTK/Nama/Tanggal Lahir/Nama Ibu Kandung pada entitas data GTK jika status validasi pada Vervalptk (PDSPK) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
  • [pembaruan] Penambahan Referensi Kepercayaan Kepada Tuhan YME dan perubahan label menjadai agama dan kepercayaan.
  • [Perbaikan] Validasi untuk NIK, NIK Ibu, NIK Ayah, NIK Wali pada entitas data PD dengan menggunakan vtype numberonly
  • [Perbaikan] Validasi untuk Nama, Nama Ibu Kandung, Nama Ayah, Nama Wali pada entitas data PD dengan menggunakan vtype namaspecialchar
  • [Perbaikan] Validasi untuk Nama dan Nama Ibu Kandung pada entitas data GTK dengan menggunakan vtype namaspecialchar
  • [Perbaikan] Perbaikan label Riwayat pekerjaan menjadi Riwayat Karir Guru pada rincian GTK dan pengaturan pengisian hanya untuk Guru
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs security pada aplikasi
  • [Perbaikan] Perbaikan pada Formulir Sekolah
  • [Perbaikan] Perbaikan pada Formulir GTK
  • [Perbaikan] Perbaikan pada Formulir Peserta Didik
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika mengganti foto profil operator sekolah
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs pada kurikulum SLB
Aplikasi dapodik 2017 tidak tersedia dalam versi updater, sehingga harus instalasi ulang. Lokasi download yang tersedia: download Aplikasi Dapodik 2017.
Sumber: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

KROSCEK DAPODIK

Unknown | 8:39:00 PM | 0 komentar

Mohon perhatian sejenak kepada pembaca yang budiman, Apabila anda nanti menemukan ketidaknyamanan dalam megUpload data dikarenakan server pusat sedang dibenahi atau mengalami pembenahan dikarenakan banyaknya teman-teman guru khususnya untuk mengakses data dan informasi. Untuk itu kami sarankan anda tidak putus asa dan sesering mungkin mengecek /membuka kembali. Demikian info dari kami dan silahkan anda lanjutkan membaca antikel CEK DAPODIK Terima kasih.

Sampai saat ini proses pengiriman data pokok pendidikan (Dapodik) sekolah masih terus berlangsung. Dapodik menjadi sangat penting karena dijadikan dasar dalam banyak hal, seperti; pemberian bantuan sekolah, tunjangan profesi guru, bahkan juga untuk dasar pemilihan sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Baru. Semua data sekolah, mulai dari sarana prasarana, tenaga pendidik dan peserta didik bisa didapatkan di Dapodik.

Ada beberapa cara untuk mengecek data yang sudah dientri dan dikirim oleh Operator Dapodik Sekolah apakah sudah terkirim atau sudah diterima oleh server pusat Dapodik. Data pendidikan dientri melalui software (aplikasi) yang disediakan oleh Pendataan Dikdas Kemendikbud dan bisa diunduh gratis. Data pendidikan dari masing-masing sekolah dikirim secara online ke server pusat Dapodik
infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
Cara Cek Dapodik Sekolah di Info Pendataan Dikdas
1. Kunjungi http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
2. Di sana ditampilkan report pendataan pendidikan dasar
3. Klik tanda plus (+) di samping kiri nama propinsi yang dipilih
4. Dari nama provinsi akan muncul nama-nama kabupaten/kotanya
5. Klik tanda plus (+) di samping kiri nama Kabupaten/kota Anda
6. Pilih kecamatan dan terakhir nama sekolah
7. Pada tabel sekolah akan muncul keterangan, yaitu:
  • Apabila sudah diterima maka aka nada keterangan tanggal diterima dan statusnya.
  • Jika tertulis Berhasil Diproses berarti sudah diterima server.
  • Jika tertulis Cek Konversi berarti masih dalam proses sinkronisasi.
  • Jika masih status kosong berarti sekolah belum mengirim data atau gagal dalam pengiriman ke server.
http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
Cara Cek Data Sekolah Melalui Sistem Manajemen Pendataan
1. Kunjungi http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
2. Masukan username dan password seperti yang digunakan operator sekolah.
3. Setelah berhasil login, akan terlihat menu Beranda, Sekolah, dan Register Pengiriman.
4. Klik menu Sekolah di sebelah kiri atau Tab Data Sekolah pada bagian atas, untuk melihat data sekolah, data PTK, dan data siswa.
5. Untuk melihat data, klik nama sekolah Anda yang tercantum pada daftar sekolah.
6. Anda dapat menampilkan data sekolah, daftar sarpras, daftar rombel, daftar siswa, dan daftar PTK.

Dari Manajemen Pendataan Pendidikan itu, Anda bisa dapat informasi tentang input data yang sudah dilakukan, mulai Data sekolah yang terdiri dari data siswa, sarpras, rombel, dan PTK. Tersedia juga informasi Daftar register pengiriman, untuk mengecek status file dan verifikasi.

Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD
Cara Cek Verifikasi Data Guru di P2TK Dikdas
1. Kunjungi http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id atau klik BUKA
2. Masukan NUPTK dan password yaitu tanggal lahir (YYYYMMDD).
3. Setelah berhasil login, Anda akan melihat 20 baris data.

Data guru tersebut ini diinput dan dikirim sendiri oleh Operator sekolahan masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat secara online. Anda bisa melihat informasi status data, valid ataukah belum. Data guru di P2TK Dikdas harus benar dan valid, agar tidak bermasalah dengan penerbitan SK TP atau pencairan tunjangan sertifikasi. 

Google Adsense dengan mudah dalam sekali daftar

Unknown | 8:32:00 PM | 0 komentar

1. Jangan buru-buru mendaftar Adsense
Janganlah buru-buru mendaftarkan website Anda ke Google Adsense karena itu akan mempersulit proses kerjasama antara website Anda dan Adsense nantinya.
Website yang sudah ditolak Adsense akan lebih sulit untuk mendaftar lagi, jadi usahakan jangan sampai ditolak saat pertama mendaftar. Jadi sebelum daftar Adsense pastikan semua persiapan yang mereka minta terpenuhi. Pastikan website Anda stabil dan ramai terlebih dahulu. Setelah itu baru mulai memikirkan iklan. Karena website yang masih sangat baru tentu sulit untuk bisa diterima, apalagi jika pengunjungnya masih sepi.
Blog dengan umur lebih dari 3 bulan akan lebih mungkin untuk diterima. Namun saran kami sebaiknya pasang iklan adsense setelah 6 bulan.
2. Pilih topik yang ramai dan Anda kuasai
Sebelum membuat website untuk dipasangkan Google Adsense, tentukan dulu topik website yang sesuai dengan minat Anda. Carilah topik yang ramai (sering dicari orang) namun yang paling Anda kuasai. Jika Anda suka otomotif maka ada baiknya membuat website dengan topik otomotif, jangan sepakbola, atau kesehatan. Karena untuk jangka panjang website dengan topik yang paling Anda kuasai akan lebih mudah untuk Anda kelola karena sesuai dengan minat Anda. Jika tidak sesuai minat maka akan sangat berat sekali dalam mengelolanya. Capek sendiri.
Google juga suka website yang memiliki niche tertentu, artinya hanya membahas satu topik tertentu saja dan tidak gado-gado.
Ketika Anda menulis artikel yang susuai dengan bidang yang Anda kuasai, maka ilmu dan kualitas tulisan yang dituangkan dalam postingan juga akan lebih berbobot dan bermutu.
3. Bangun website sebaik mungkin
Langkah pertama untuk menjadi publisher Adsense adalah dengan memiliki website atau blog yang baik. Bangun website Anda sebaik mungkin sebelum mendaftar ke Google Adsense. Logikanya adalah mana ada orang yang mau bekerja sama dengan website yang masih sepi pengunjung. Walaupun bisa pendapatannya pun akan sangat kecil sekali.
Pilih nama domain yang bagus dan hosting yang handal. Jangan sampai website Anda sering mati karena akan membuat Anda kehilangan pengunjung dan selain itu website yang sering mati juga kurang disukai oleh robot Google.
4. Desain website sebagus mungkin
Buat atau pilih theme yang bagus untuk desain website Anda, buat website Anda terlihat rapih dan elegan. Tidak perlu heboh, minimalis saja sudah cukup untuk bisa diterima Google Adsense. Ingat google sangat menyukai kesederhanaan (simplicity) namun berkualitas.
5. Buat navigasi yang bagus
Pastikan website Anda memiliki sistem navigasi yang bagus. Navigasi yang bagus maksudnya berada di posisi yang mudah untuk ditemukan atau dilihat oleh pengunjung. Tidak membingungkan. Satu lagi konsep dari sebuah navigasi yang perlu diingat adalah navigasi berfungsi agar semua konten yang ada di website Anda bisa ditemukan dengan mudah. Jadi jangan ribet-ribet yaa..
6. Buat halaman-halaman penting
Sebuah website yang baik bisa ditandai dengan adanya aturan main yang jelas di website tersebut, aturan main disini adalah antara website tersebut dan pihak luar, salah satunya dengan pengunjung. Aturan-aturan tersebut biasanya tercantum dalam beberapa halaman penting yang berisi kebijakan-kebijakan, aturan, permintaan izin dan lainnya. Jadi perlu untuk memiliki halaman about usdisclaimerterm of servicesprivacy and policy serta contact us.
Pastikan website Anda memiliki halaman-halaman tersebut, agar website Anda bisa dipertangung jawabkan, selain itu ada perlindungan bagi pengunjung serta orang lain sehingga tidak ada yang merasa dirugikan. Google juga memperhatikan hal tersebut karena mereka tentu saja tidak ingin bekerja sama dengan website-website yang tidak bertanggung jawab.
7. Buat konten yang berkualitas dan hindari copy paste
Setelah Anda membangun website dengan domain dan hosting yang handal, serta sudah memilih topik yang terbaik menurut Anda, maka selanjutnya adalah mengisi website Anda dengan konten yang berkualitas.
Konten yang berkualitas itu faktor penandanya ada banyak, namun untuk lebih mudahnya buat konten yang tidak copy & paste dari website lain, konten yang bisa menyelesaikan masalah banyak orang, konten yang penulisannya rapih dan dengan tata bahasa yang baik, menggunakan gambar, video maupun tabel sebagai pelengkap, konten yang sering dicari orang, konten yang isinya lebih baik dibanding dengan artikel sejenis yang ada di website lain, tidak terlalu pendek.
Anda juga bisa membaca panduan Google tentang pelanggaran hak cipta.
8. Perbanyak jumlah konten
Bukan hanya soal kualitas konten, namun jumlah konten juga penting untuk diperhatikan. Blog yang diupdate setiap hari tentu memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki banyak pengunjung jika dibanding dengan yang jarang update, apalagi jika setiap kontennya berkualitas, disenangi pengunjung dan disenangi mesin pencari. Wahhh bagus sekali pastinya.
Jika Anda rutin mengupdate website setidaknya 2 kali dalam satu hari, maka dalam waktu 3 bulan Anda sudah memiliki (2artikel x 30hari x 3bulan = 180) artikel. Dan ini tentu sudah cukup untuk modal awal mendaftar ke Google Adsense. Sekali lagi, jangan buru-buru mendaftar tapi bangun dulu website Anda dengan sebaik mungkin.
9. Hindari konten yang berisi kata-kata terlarang
Buatlah konten yang positif, jangan yang menjurus pada hal-hal terlarang. Apa saja hal-hal terlarang tersebut? tidak perlu kami jawab karena Anda harusnya sudah tau.
Buat konten yang berguna namun jauh dari hal-hal negatif. Jangan sampai ada satupun kata-kata terlarang tersebut di website Anda. Website yang bersih dari hal-hal tersebut akan sangat disukai Google.
Anda bisa kunjungi halaman AdSense program policies untuk lebih jelasnya.
10. Perbaiki SEO on-page website Anda
Salah satu faktor dari website yang baik menurut mesin pencari adalah yang memiliki SEO on-page yang bagus. Website yang memiliki SEO on-page yang bagus tentu akan mudah untuk dibaca dan maksud dari kontennya bisa dimengerti dengan baik oleh Google. Ingat bahwa iklan Google Adsense sifatnya kontekstual, yang artinya iklan ditampilkan berdasarkan isi konten website tersebut. SEO on-page yang baik akan mempemudah kerja mesin Google. SEO on-page ini ada banyak faktornya, mulai dari membuat judul artikel yang baik, URL yang SEO friendly, menyertakan meta description, penamaan file gambar yang baik, memberi keterangan pada gambar, keyword density, internal link, konten yang berkualitas juga termasuk bagian dari seo on-page. Masih banyak faktor lain dari SEO on-page, mungkin akan kita bahas di lain kesempatan.
Baca juga: 
Untuk SEO off-page tidak terlalu penting dalam hal ini, namun jika Anda mau bisa saja sekalian di optimasi SEO off-page nya, tentu akan lebih baik.
11. Miliki sebuah sitemap
Mesin pencari biasanya mengambil data website Anda melalui sitemap yang tersedia, sitemap biasanya berupa file XML, umunya sih diberi nama sitemap.xml namun nama lain juga bisa. Isinya adalah daftar semua URL dari setiap halaman yang ingin Anda munculkan di mesin pencari. Website yang memiliki sitemap tentunya lebih disukai oleh mesin pencari, karena lebih memudahkan kerja mesin mereka dalam membaca halaman website Anda. Sehingga pengunjung yang datang ke website Anda dari mesin pencari akan lebih banyak, Google sangat suka website yang seperti itu.
12. Install Plugin SEO
Jika Anda menggunakan WordPress, ada baiknya Anda menginstall plugin SEO yang berguna untuk meningkatkan SEO website Anda agar pengunjung lebih banyak. Plugin SEO seperti All in One SEO Pack, Google XML Sitemaps atau Yoast SEO mungkin bisa Anda gunakan. Plugin tersebut juga bisa membantu Anda dalam membuat file sitemap yang kita bahas sebelumnya.
13. Mendaftar ke Google Webmasters / Google search console (verifikasi kode)
Untuk mengelola website Anda dengan lebih baik lagi maka sebaiknya Anda mendaftarkan website ke Google Webmasters sekarang disebut juga dengan Google search console, disana Anda bisa memasukan sitemap yang sudah dibuat tadi agar URL halaman-halaman website Anda bisa muncul di mesin pencari dengan cepat.
Selain itu sitemap juga memiliki berbagai tools lainnya yang hampir semua kegunaannya untuk mengoptimalkan kinerja website Anda.
Pastikan website Anda terverifikasi di Google Webmaters, biasanya dengan memasang kode di meta tag atau dengan mengupload file ke website Anda. Jika kesulitan bisa baca artikel jurnalweb berjudul “Cara Mendaftarkan Website ke Google Webmasters Tool“.
14. Gunakan Google Analytics
Selain Google Webmaster ada baiknya juga Anda menggunakan Google Analytics untuk website Anda, hal ini akan memudahkan Anda dalam mengetahui jumlah kunjangan website. Google Analytics ini merupakan program buatan Google juga, nantinya Google Analytics ini bisa terkoneksi dengan Google Webmaster dan Google Adsense. Jadi ada baiknya Anda menggunakan tiga program tersebut. Pastikan website Anda terverifikasi di Google Analytics
15. Perkuat akun sosial media
Perkuat akun sosial media Anda terlebih dahulu sebelum mendaftar ke sosial media, memiliki banyak followers tentu akan membuat artikel Anda lebih mungkin untuk dilihat oleh banyak orang. Selain itu ada kemungkinan jumlah followers menjadi indikator Google ketika menilai sebuah website berkualitas atau tidak. Makin banyak followers makin baik tentunya, karena sekali lagi Google suka website yang banyak pengunjung.
16. Buat website responsive
Salah satu indikator website yang baik menurut Google adalah yang bisa dibuka dengan baik di perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Tak heran, karena pengunjung website yang menggunakan perangkat mobile saat ini sangat banyak dibanding desktop. Jadi pastikan website Anda sudah responsive jadi bisa tampil maksimal pada ukuran layar berapapun.
17. Terus update artikel selama masa review
Sesudah Anda mendaftarkan website Anda ke Google Adsense, biasanya Google akan melakukan review sebanyak dua kali. Review pertama paling hanya satu atau dua hari. Setelah mendapatkan email maka Anda akan diminta untuk membuat unit iklan adsense dan memasangkannya ke website Anda. Setelah dipasang maka masa review kedua itu berjalan, bisa memakan waktu berhari-hari bahkan ada juga yang hingga lebih dari sebulan. Jadi sabar saja. Tetap menulis postingan berkualitas selama masa review tersebut. Buat setidaknya 2 artikel setiap hari selama masa review tersebut, lebih banyak lebih baik untuk menandakan bahwa website Anda serius.
18. Pada masa review, taruh iklan pada posisi terbaik
Pada masa review kedua biasanya pemilik website diminta untuk membuat unit iklan dan menaruhnya di website. Saran kami sebaiknya Anda menaruh iklan pada posisi yang selalu terlihat dari halaman apapun. Sidebar atau header biasanya tidak berubah-ubah dan selalu terlihat dari halaman apapun. Jadi Anda bisa taruh di posisi tersebut. Jangan taruh iklan pada posisi yang terlarang seperti di halaman popup atau elemen melayang lainnya. Ikutlah aturan main Google, jadilah publisher yang baik, mudah-mudahan website Anda diterima Google Adsense. Anda bisa membaca pedoman penempatan iklan Adsense.
19. Pada masa review, gunakan unit iklan yang direkomendasikan
Pada masa review sebaiknya Anda menggunakan semua hal yang disukai Google, termasuk menggunakan unit iklan yang mereka rekomendasikan. Ada beberapa ukuran yang mereka rekomendasikan seperti 300×225, 336×280, 728×90, 300×600 atau jenis iklan responsive.
Jadi jelas sekali bahwa yang direkomendasikan adalah ukuran yang besar-besar. Ikuti saja, sesuaikan tampilan website Anda dengan unit iklan tersebut, jangan sampai terlihat berantakan.
20. Jangan gunakan program iklan lain
Tidak ada orang yang mau dimadu, termasuk Google Adsense. Jangan gunakan program iklan lain yang sejenis ketika Anda mendaftar Google Adsense. Hindari juga model iklan affiliasi selama proses pendaftaran Adsense. Cukup Google saja jangan ada iklan yang lain.
21. Baca panduan yang disediakan Google
Google sebenarnya sudah menyediakan berbagai panduan agar website Anda menjadi lebih baik, mereka juga menyediakan kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi agar bisa diterima sebagai publisher, jika Anda mengikuti aturan dan panduan tersebut kemungkinan besar website Anda akan diterima sebagai publisher Adsense.
Itulah sedikit tips dari kami untuk Anda yang ingin mendaftarkan website ke Google Adsense agar diterima.

Daftar Google Adsense Indonesia Agar Cepat Diterima

Unknown | 8:30:00 PM | 0 komentar

cara-mendaftar-google-adsense
Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) yang paling banyak digemari oleh publisher Indonesia untuk memonetize situs mereka. Sejak Google Adsense mendukung website berbahasa Indonesia tahun 2012 yang lalu, banyak sekali blogger Indonesia yang mendaftarkan blog mereka di Google Adsense. Sayangnya, untuk menjadi member dan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense itu bukan hal yang mudah. Bahkan ada yang kesulitan tentang cara daftar Google Adsense, padahal sebenarnya cara mendaftar di program PPC Google ini tidak sulit juga sih.
Banyak blogger yang sudah mendaftar, namun tidak semua diterima menjadi publisher di Google Adsense. Ini karena  website atau blog yang didaftarkan tidak memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Google. Pihak Google Adsense menginginkan website/ blog yang menjadi publisher mereka adalah situs-situs yang berkualitas dan memenuhi aturan (TOS) mereka.
Kalau dulu, cara daftar Google Adsense itu sangat mudah. Tapi seiring pertumbuhan dan perkembangan internet, Google Adsense sudah melakukan banyak perubahan pada layanan mereka dan disesuaikan dengan perkembangan yang ada. Membuat sebuah blog ala kadarnya dan diisi dengan konten yang sangat “dangkal”, lalu mendaftarkannya di Google Adsense adalah sebuah tindakan yang sia-sia karena pasti tidak akan diterima.


Lalu bagaimana cara mendaftar Google Adsense agar cepat diterima? Keunikan, nilai jual, dan originalitas sebuah website adalah syarat yang sangat penting agar diterima oleh Google Adsense. PPC ini adalah program periklanan yang sama halnya dengan program periklanan lainnya. Mereka tentunya menginginkan website yang menayangkan iklan mereka bisa memberikan promosi atau pemasaran yang baik bagi para pengiklan. Sebenarnya proses mendaftarnya sangat mudah, tapi untuk bisa diterima pada program PPC Google ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting.
Pelajari lebih lanjut cara mendaftar di Google Adsense
Sebelum mendaftar, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini agar peluang diterima lebih besar:

1. Membuat Konten Yang Unik di Situs Anda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, originalitas sebuah ide atau konten di dalam website Anda adalah nilai penting bagi Google Adsense. Mereka memperhatikan apakah konten di dalam sebuah website bermanfaat bagi orang lain atau tidak.
Sebenarnya konten-konten di internet itu banyak yang membahas topik yang sama. Namun, cara penyajiannya atau cara penulisannya yang berbeda. Misalnya, Anda menulis tentang “cara menanam bunga Mawar”, tentunya ada banyak konten di situs lain yang membahas tentang ini. Namun, cara menuliskan konten dan cara menyajikannya di blog Anda pasti berbeda dengan konten di blog orang lain. Nah, kalau konten Anda adalah hasil copy paste dari sumber lain, kemungkinan besar situs Anda tidak akan disetujui untuk ikut program PPC Google Adsense.

2. Perhatikan Umur Situs Yang Didaftarkan

Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan blog Anda untuk Google Adsense karena mereka memperhatikan umur website, jumlah konten, jumlah pengunjung, page view, dan lain-lain. Bila Anda saat ini memiliki blog yang sudah berumur 6 bulan, sudah diisi banyak konten, dan memiliki unique visitor yang stabil, ini bisa meyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda adalah tempat yang baik untuk memasang iklan.

3. Perhatikan Jumlah Konten Di Website/ Blog Anda

Jumlah konten adalah salah satu faktor penting agar diterima di Google Adsense. Saya kurang yakin berapa jumlah konten minimun di dalam sebuah website agar bisa diterima, tapi menurut saya pribadi akan lebih mudah diterima bila website kita memiliki banyak konten. Saya pribadi menyarankan untuk membuat minimal 60 konten artikel sebelum mendaftar di Google Adsense.
Untuk situs berbentuk blog, sebaiknya Anda rajin meng-update konten di dalam blog Anda karena ini bisa mempengaruhi penilaian dari pihak Google. Blog yang sering di-update oleh pemiliknya tentunya akan memiliki peluang lebih baik diterima oleh Google Adsense dibandingkan dengan blog yang jarang sekali di-update.

4. Gunakan Blogger.com atau YouTube.com

Nah, ini sangat penting untuk kita perhatikan. Jika Anda sudah memiliki domain dan hosting sendiri, maka peluang untuk diterima oleh Google Adsense akan lebih besar, tentunya dengan memperhatikan poin-poin sebelumnya. Namun, jika Anda ingin menggunakan domain & hosting gratis, dan ingin menjadi publisher Google Adsense, maka sebaiknya Anda menggunakan Blogger.com.
Google Adsense tidak bisa dipasang pada blog yang dibuat dengan WordPress.com, baik itu subdomain di WordPress ataupun domain sendiri yang menggunakan free hosting di WordPress. Ini adalah kebijakan (TOS) dari pihak WordPress.com sendiri, bisa dibaca Di SINI. Blogger.com adalah layanan blog gratis yang diberikan oleh pihak Google. Tentunya ini keuntungan tersendiri bagi mereka yang menggunakannya karena selama ini pihak Google selalu memberikan kesempatan pada para pengguna Blogger.com untuk memonetize blog mereka dengan program Google Adsense.
Jika Anda tidak ingin membuat blog, masih ada cara lain, yaitu melalui YouTube.com. Tentunya Anda harus punya beberapa konten video original yang di-upload ke YouTube.com. Video ini harus memiliki views yang cukup banyak agar bisa diterima di program Google Adsense.

5. Informasi Pendukung

Ada baiknya situs Anda dilengkapi dengan halaman informasi pendukung, misalnya halaman About, Privacy Policy, Kontak, TOS. Ini akan membuat situs Anda terlihat serius dan memperhatikan pengunjung blog Anda.
Pelajari lebih lanjut cara mendaftar di Google Adsense


Konten yang Anda buat tidak harus “luar biasa” agar diterima oleh Google Adsense. Yang terpenting adalah menyajikan konten yang bermanfaat bagi orang lain dan tentunya ditulis dengan cara yang unik, bukan hasil meng-copy konten orang lain. Ada banyak blogger yang memiliki penghasilan rutin dari iklan Google Adsense di blog mereka, mulai dari ratusan hingga ribuan dollar per bulan. Nah, kalau Anda ingin memonitize website/ blog Anda dengan cara memasang iklan, Google Adsense salah satu program PPC yang harus Anda pertimbangkan.

Berita Nasional

SEPUTAR SEPAKBOLA

INFORMASI PNS

Berita Borneo

Contact Form

Name

Email *

Message *

 
Support : Creating Website | Sugeng Wijaya Template | Kepengen Belajar
Copyright © 2011. SDN PANDULANGAN - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger